ANALISIS KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
MATA PELAJARAN : SEJARAH INDONESIA
KURIKULUM : 2013
NO |
RUANG LINGKUP |
KD |
Materi |
KELAS |
INDIKATOR
SOAL |
LEVEL KOGNITIF *) |
||
P1 |
P2 |
P3 |
||||||
1 |
Prinsip-prinsip
Dasar Ilmu
Sejarah |
3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan
waktu dalam sejarah |
ciri-ciri
sejarah |
X |
Disajikan
salah satu peristiwa sejarah. Berdasarkan
peristiwa tersebut peserta didik dapat
mengidentifikasi ciri-ciri peristiwa
sejarah dengan benar |
V |
|
|
2 |
Prinsip-prinsip
Dasar Ilmu
Sejarah |
3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan
waktu dalam sejarah |
Ruang
dan waktu |
X |
Disajikan
peristiwa pembacaan teks proklamasi, peserta didik di minta menentukan konsep
ruang dan waktu dalam peristiwa tersebut |
V |
|
|
3 |
Prinsip-prinsip
Dasar Ilmu
Sejarah |
3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan
waktu dalam sejarah |
Unsur-unsur sejarah |
X |
Disajikan
peristiwa sejarah. Peserta didik dapat menjelaskan konsep berpikir diakronik
dengan Benar |
V |
|
|
4 |
Prinsip-prinsip
Dasar Ilmu
Sejarah |
3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan
waktu dalam sejarah |
Konsep berfikir Diakronik dan Sinkronik |
X |
PUSPENDIK |
|
V |
|
5 |
Prinsip-prinsip
Dasar Ilmu
Sejarah |
3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan
waktu dalam sejarah |
konsep berpikir kronologi/diakronik/ sinkronik |
X |
Disajikan tabel Peristiwa Penting Menjelang
Proklamasi Kemerdekaan RI. Peserta didik di dapat menunjukkan
cara berpikir sejarah kronologis dari tabel tersebut dengan benar |
|
V |
|
6 |
Prinsip-prinsip
Dasar Ilmu
Sejarah |
3.2 Memahami konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah |
konsep
perubahan/ keberlanjutan
dalam sejarah |
X |
Diberikan
deskripsi pola hunian masyarakat praaksara, peserta didik dapat menganalisis
konsep perubahan dan keberlanjutan
dari kehidupan masyarakat praaksara dengan benar |
|
|
V |
7 |
Masa
praaksara, Hindu-Buddha
dan Islam |
3.3 Menganalisis kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang
bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto, dan Deutero Melayu |
Kehidupan masyarakat prasejarah |
X |
PUSPENDIK |
V |
|
|
8 |
Masa
praaksara, Hindu-Buddha
dan Islam |
3.5 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan
kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia |
proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu/Buddha/ Islam ke Indonesia |
X |
Peserta
didik dapat menjelaskan teori-teori tentang masuknya kebudayaan Hindu-Budha
di Indonesia berdasarkan pendapat N.J.Krom |
V |
|
|
9 |
Masa
praaksara, Hindu-Buddha
dan Islam |
3.7 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan
kebudayaan Islam ke Indonesia |
proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu/Buddha/ Islam ke Indonesia |
X |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi bukti kedatangan islam di Indonesia berdasarkan
Teori Gujarat |
V |
|
|
10 |
Masa
praaksara, Hindu-Buddha
dan Islam |
3.6 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan
budaya pada masa kerajaan-kerajaan
Hindu dan Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini |
hasil-hasil
dan nilai-nilai budaya masyarakat
praksara Indonesia
dan pengaruhnya
dalam kehidupan lingkungan
terdekat |
X |
Disajikan deskripsi singkat
tentang mitos Pada masa Kerajan Hindu-Buddha dimana seorang raja yang
berkuasa dianggap sebagai titisan dewa.
Berdasarkan deskripsi tersebut peserta didik dapat menentukan tujuan
dari mitos kedudukan raja dengan benar |
|
V |
|
11 |
Masa
praaksara, Hindu-Buddha
dan Islam |
3.6 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan
budaya pada masa kerajaan-kerajaan
Hindu dan Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini |
Perkembangan kerajaan Majapahit |
X |
PUSPENDIK |
|
V |
|
12 |
Masa
praaksara, Hindu-Buddha
dan Islam |
3.8 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan
budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini |
Perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan
dan budaya
pada masa kerajaan Hindu/Buddha /Islam
di Indonesia |
X |
Disajikan
isi dari perjanjian antara kerajaan islam di nusantara dengan VOC,peserta
didik dapat menentukan isi dari perjanjian Bongaya dengan benar |
|
V |
|
13 |
Masa
praaksara, Hindu-Buddha
dan Islam |
3.8
Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan budaya pada
masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini |
bukti-bukti peninggalan kerajaan Hindu/Budha/Islam yang
masih berlaku pada
kehidupan masyarakat Indonesia
masa kini |
X |
Disajikan
deskripsi tentang penerapan Sistem kasta masyarakat pada masa
kerajaan-kerajaan Hindu di indonesia. Peserta didik dapat menganalisis
penerapan sistem kasta yang masih berlangsung di Bali dengan benar |
|
|
V |
14 |
Masa
praaksara, Hindu-Buddha
dan Islam |
3.8 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan
budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih
berlaku pada kehidupanmasyarakat Indonesia masa kini |
bukti-bukti peninggalan kerajaan Hindu/Budha/Islam yang
masih berlaku pada
kehidupan masyarakat Indonesia
masa kini |
X |
Disajikan deskripsi tentang
kerajaan Gowa-Tallo Sebagai kerajaan besar di Sulawesi, peserta didik
dapat menganalisis peniggalan kerajaan Goa –Tallo yang masih dapat kita
rasakan sampai saat ini |
|
|
V |
15 |
Pengaruh Barat terhadap pergerakan nasional Indonesia hingga terbentuknya negara kebangsaan Indonesia |
3.1 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia |
proses masuknya penjajahan bangsa Eropa ke Indonesia |
XI |
Disajikan deskripsi singkat kedatangan bangsa barat ke indonesia. Peserta
didik dapat menentukan tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia dengan benar |
V |
|
|
16 |
Pengaruh
Barat terhadap pergerakan
nasional Indonesia
hingga terbentuknya
negara kebangsaan
Indonesia |
3.1
Menganalisis proses masuk dan perkembangan
penjajahan bangsa Eropa (Portugis,
Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia |
proses
masuknya penjajahan
bangsa Eropa ke Indonesia |
XI |
Diberikan informasi
tentang tokoh-tokoh penjelajahan samudra pada abad pertengahan ,Peserta didik dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh yang
melakukan perjalanan ke Indonesia |
V |
|
|
17 |
Pengaruh
Barat terhadap pergerakan
nasional Indonesia
hingga terbentuknya
negara kebangsaan
Indonesia |
3.5
Menganalisis sifat pendudukan Jepang dan respon
bangsa Indonesia |
pendudukan
Jepang dan respon
bangsa Indonesia |
XI |
Disajikan deskripsi singkat masa penjajahan jepang di indonesia. Peserta didik dapat menunjukkan kondisi sosial masa
pendudukan jepang |
|
V |
|
18 |
Pengaruh
Barat terhadap pergerakan
nasional Indonesia
hingga terbentuknya
negara kebangsaan
Indonesia |
3.2
Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia
terhadap penjajahan bangsa Eropa
(Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris)
sampai dengan abad ke-20 |
Perlawanan
Bangsa Indonesia terhadap bangsa barat |
XI |
PUSPENDIK |
|
V |
|
19 |
Pengaruh
Barat terhadap pergerakan
nasional Indonesia
hingga terbentuknya
negara kebangsaan
Indonesia |
3.2
Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia
terhadap penjajahan bangsa Eropa
(Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris)
sampai dengan abad ke-20 |
strategi
perlawanan bangsa Indonesia
terhadap penjajahan
Eropa |
XI |
Peserta didik dapat menunjukkan alasan Perang
Paderi yang pada mulanya merupakan perang saudara berubah menjadi perang
melawan Belanda |
|
V |
|
20 |
Pengaruh
Barat terhadap pergerakan
nasional Indonesia
hingga terbentuknya
negara kebangsaan
Indonesia |
3.4
Menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan
maknanya bagi kehidupan kebangsaan
di Indonesia pada masa kini |
nilai-nilai Sumpah
Pemuda dan maknanya bagi
kehidupan bangsa di
Indonesia pada masa kini |
XI |
Disajikan
informasi peristiwa konggres Pemuda 2.
Peserta didik dapat menunjukkan Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa
Indonesia dengan benar |
|
V |
|
21 |
Pengaruh
Barat terhadap pergerakan
nasional Indonesia
hingga terbentuknya
negara kebangsaan
Indonesia |
3.3
Menganalisis dampak politik, budaya, sosial,
ekonomi, dan pendidikan pada masa
penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol,
Belanda, Inggris) dalam kehidupan
bangsa Indonesia masa kini |
Kebijakan
penjajahan bangsa
barat |
XI |
PUSPENDIK |
|
|
V |
22 |
Pengaruh
Barat terhadap pergerakan
nasional Indonesia
hingga terbentuknya
negara kebangsaan
Indonesia |
3.3
Menganalisis dampak politik, budaya, sosial,
ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan
bangsa Eropa (Portugis, Spanyol,
Belanda, Inggris) dalam kehidupan
bangsa Indonesia masa kini |
dampak
penjajahan bagi masyarakat
Indonesia di berbagai
bidang (politik,
budaya, sosial, ekonomi dan
pendidikan) dalam
kehidupan bangsa Indonesia
masa kini |
XI |
Di sajikan deskripsi
masa pemerintahan Thomas Rafles di Indonesia. Peserta didik dapat
manganalisis pengaruh kebijakan Rafles dalam bidang pendidikan |
|
|
V |
23 |
Perjuangan
bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi Kemerdekaan
sampai Tahun 1965 |
3.7 Menganalisis
peristiwa proklamasi kemerdekaan
dan maknanya bagi kehidupan
sosial, budaya, ekonomi, politik,
dan pendidikan bangsa Indonesia |
Makna
proklamasi |
XI |
PUSPENDIK |
V |
|
|
24 |
Perjuangan
bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi Kemerdekaan
sampai Tahun 1965 |
3.3
Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada
masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal |
Demokrasi
Liberal |
XI |
PUSPENDIK |
V |
|
|
25 |
Perjuangan
bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi Kemerdekaan
sampai Tahun 1965 |
3.3 Menganalisis
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal
kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal |
Perkembangan kehidupan
politik dan ekonomi
bangsa Indonesia
pada masa awal
kemerdekaan sampai pada
masa Demokrasi Liberal |
XII |
Peserta didik mampu menentukan upaya bangsa Indonesia dalam melakukan
perbaikan ekonomi diawal kemerdekaan Disajikan data mengenai faktor ketepurukan perekonomian Indonesia diawal
kemerdekaan. Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor penyebab
keterpurukan yang tepat dari data tersebut |
V |
|
|
26 |
Perjuangan
bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi Kemerdekaan
sampai Tahun 1965 |
3.2 Mengevaluasi
peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam
mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965 |
Perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan |
XII |
PUSPENDIK |
|
V |
|
27 |
Perjuangan
bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi Kemerdekaan
sampai Tahun 1965 |
3.8
Menganalisis peristiwa pembentukan pemerintahan
pertama Republik Indonesia
pada awal kemerdekaan dan maknanya
bagi kehidupan kebangsaan Indonesia
masa kini |
pembentukan pemerintahan pertama
Republik Indonesia |
XI |
Disajikan data mengenai
hasil-hasil rapat PPKI, peserta didik mampu mengklasifikasi hasil rapat
PPKI ke-II |
|
V |
|
28 |
Perjuangan
bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi Kemerdekaan
sampai Tahun 1965 |
3.9
Menganalisis peran dan nilai-nilai perjuangan
Bung Karno dan Bung Hatta sebagai
proklamator serta tokoh-tokoh lainnya
sekitar proklamasi |
Peran dan
nilai-nilai Perjuangan
Bung Karno dan
Bung Hatta
sebagai Proklamator
serta tokoh-tokoh
lainnya sekitar
Proklamasi |
XI |
Disajikan
deskripsi konflik antara kaum muda dengan sukarno tentang waktu pelaksanaan
Proklamasi. Peserta didik mampu menginterpretasikan alasan Ir. Soekarno menolak
proses proklamasi dilaksanakan secepatnya |
|
V |
|
29 |
Perjuangan
bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi Kemerdekaan
sampai Tahun 1965 |
3.4 Menganalisis
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa
Demokrasi Terpimpin |
Perkembangan kehidupan
politik dan ekonomi
Bangsa Indonesia
pada masa Demokrasi
Terpimpin |
XII |
Disajikan
informasi pembubaran
partai Masyumi dan PSI. peserta didik dapat menunjukkan latar
belakang pembubaran partai Masyumi dan PSI dengan benar |
|
V |
|
30 |
Perjuangan
bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi Kemerdekaan
sampai Tahun 1965 |
3.10
Menganalisis strategi dan bentuk perjuangan
bangsa Indonesia dalam upaya
mempertahankan kemerdekaan dari
ancaman Sekutu dan Belanda |
strategi
dan bentuk perjuangan
bangsa Indonesia
dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
dari ancaman
sekutu dan Belanda |
XI |
Disajikan hasil perjanjian lingggarjati. Peserta
didik mampu menganalisis dampak
positif perjanjian
Lingarjati bagi perjuangan bangsa Indonesia |
|
|
V |
31 |
Perjuangan
bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi Kemerdekaan
sampai Tahun 1965 |
3.1 Menganalisis
upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara
lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta,
G-30-S/PKI |
Pergolakan
dalam negeri |
XII |
PUSPENDIK |
|
|
V |
32 |
Perjuangan
bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi Kemerdekaan
sampai Tahun 1965 |
3.1
Menganalisis upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi
bangsa antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta,
G-30-S/PKI |
Pergolakan
dalam negeri (pemberontakan
PKI Madiun
1948, DI/TII, APRA, Andi
Aziz, RMS, PRRI, Permesta,
G-30- S/PKI) |
XII |
Disajikan
informasi tentang pemberontakan Di/TII di pulau Jawa,Kalimantan,Sulawesi dan
Aceh. Peserta didik dapat menyimpulkan persamaan tujuan dari pemberontakn
tersebut dengan benar |
|
|
V |
33 |
Perkembangan masyarakat Indonesia
sejak Orde Baru
sampai Reformasi |
3.9
Mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan
dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi) |
kehidupan
Bangsa Indonesia
dalam mengembangkan ilmu
pengetahuan dan
teknologi pada era
kemerdekaan (sejak
proklamasi sampai
dengan Reformasi) |
XII |
Disajikan deskripsi tentang Gerakan Revolusi Hijau. Peserta didik mampu
menentukan dampak negatif dari revolusi hijau |
V |
|
|
34 |
Perkembangan masyarakat Indonesia
sejak Orde Baru
sampai Reformasi |
3.9
Mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan
dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi) |
kehidupan
Bangsa Indonesia
dalam mengembangkan ilmu
pengetahuan dan
teknologi pada era
kemerdekaan (sejak
proklamasi sampai
dengan Reformasi) |
XII |
Disajikan data tentang perkembangan teknologi yang terjadi di
Indonesia Peserta didik mampu
menentukan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan benar |
V |
|
|
35 |
Perkembangan masyarakat Indonesia
sejak Orde Baru
sampai Reformasi |
3.5 Menganalisis
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde
Baru |
kehidupan,
politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru sampai masa Reformasi |
XII |
Disajikan
kebijakan-kebijakan pada masa
pemerintahan orde baru peserta didik dapat menentukan kebijakan ekonomi Orde
Baru yang menyimpang dari UUD 1945 |
|
V |
|
36 |
Perkembangan masyarakat Indonesia
sejak Orde Baru
sampai Reformasi |
3.5
Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada
masa Orde Baru |
kehidupan,
politik dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa
Orde Baru sampai
masa Reformasi |
XII |
peserta didik dapat menunjukkan yang
bukan menjadi sebab tuntutan masyarakat terhadap perubahan kebijakan politik,
ekonomi, dan hukum pada
masa orde baru |
|
V |
|
37 |
Perkembangan masyarakat Indonesia
sejak Orde Baru
sampai Reformasi |
3.6 Menganalisis
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal
Reformasi |
kehidupan,
politik dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa
Orde Baru sampai
masa Reformasi |
XII |
disajikan deskripsi singkat masa pemerintahan Abdurahman Wahid,
peserta didik dapat menganalisis kebijakan Abdurahman Wahid yang
mengakomadasi kepentingan kaum minoritas |
|
V |
|
38 |
Perkembangan masyarakat Indonesia
sejak Orde Baru
sampai Reformasi |
3.7 Mengevaluasi
peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia |
Peran
Indonesia dalam perdamaian dunia |
XII |
PUSPENDIK |
|
|
V |
39 |
Perkembangan masyarakat Indonesia
sejak Orde Baru
sampai Reformasi |
3.7 Mengevaluasi
peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia |
peran
pelajar, mahasiswa,
dan pemuda
dalam perubahan
politik dan ketatanegaraan Indonesia |
XII |
Disajikan data tentang peristiwa reformasi 1998 peserta didik dapat
menganalisis peran mahasiswa dalam
tumbangnya pemerintahan orde baru |
|
|
V |
40 |
Perkembangan masyarakat Indonesia
sejak Orde Baru
sampai Reformasi |
3.8 Mengevaluasi
peran bangsa indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda,
Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting |
peran
bangsa Indonesia
dalam perdamaian
dunia (KAA, Misi Garuda,
Deklarasi Djuanda,
Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI,
dan Jakarta
Informal Meeting) |
XII |
Disajikan deskripsi singkat tentang hasil
KAA. Peserta didik dapat menganalisis dasalisa bandung dan pengaruhnya bagi
Negara-negara asia Afrika |
|
|
V |
41 |
Prinsip-prinsip
Dasar Ilmu
Sejarah |
3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan
waktu dalam sejarah |
konsep berpikir kronologi/diakronik/ sinkronik |
X |
Disajikan peristiwa rengasdengklok, peserta didik dapat menerapkan cara
berpikir kronologis untuk menjelaskan peristiwa rengasdengklok dengan benar |
|
V |
|
42 |
Masa
praaksara, Hindu-Buddha
dan Islam |
3.8
Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan budaya pada
masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia
masa kini |
Perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan
dan budaya pada
masa kerajaan Hindu/Buddha /Islam di
Indonesia |
X |
Disajikan
informasi masa kejayaan kerajaan kerajaan Tarumanegara. Peserta didk dapat
menginterpretasikan peranan Raja Purnawarman dalam mensejahterakan masyarakat
Tarumanegara |
|
V |
|
43 |
Pengaruh
Barat terhadap pergerakan
nasional Indonesia
hingga terbentuknya
negara kebangsaan
Indonesia |
3.4
Menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan
maknanya bagi kehidupan kebangsaan
di Indonesia pada masa kini |
nilai-nilai Sumpah
Pemuda dan maknanya
bagi kehidupan bangsa di
Indonesia pada masa kini |
XI |
Disajikan informasi tentang lahirnya sumpah pemuda. Peserta didik dapat
menginterpretasikan nilai-nilai sumpah pemuda |
|
V |
|
44 |
Perjuangan bangsa Indonesia
sejak masa Proklamasi Kemerdekaan
sampai Tahun 1965 |
3.2
Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam
mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965 |
Upaya
mempertahankan kemerdekaan Indonesia |
XII |
PUSPENDIK |
|
V |
|
45 |
Perkembangan masyarakat Indonesia
sejak Orde Baru
sampai Reformasi |
3.7
Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia |
peran
pelajar, mahasiswa,
dan pemuda
dalam perubahan
politik dan ketatanegaraan Indonesia |
XII |
Disajikan informasi peristiwa reformasi 1998. Peserta didik dapat
menganalisis tujuan mahasiswa dalam melakukan aksi demonstrasi dan pendudukan
gedung DPR MPR |
|
|
V |
Jambi, Maret
2020
DEDI ROHMANU, S.Pd
NIP.
No comments:
Post a Comment