Silahkan bagi yang ingin memasang iklan hubungi emaile pemilik di rohmanudedi@yahoo.com

Kumpulan Makalah Sejarah

Monday 14 August 2023

KISI-KISI SOAL SEJARAH INDONESIA SMA

 

ANALISIS KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MATA PELAJARAN                       :  SEJARAH INDONESIA

KURIKULUM                        :  2013

 

NO

RUANG LINGKUP

KD

Materi

KELAS

INDIKATOR  SOAL

LEVEL KOGNITIF *)

P1

P2

P3

1

Prinsip-prinsip Dasar

Ilmu Sejarah

3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah

 

ciri-ciri sejarah

 

X

Disajikan salah satu peristiwa  sejarah. Berdasarkan peristiwa  tersebut peserta didik  dapat mengidentifikasi  ciri-ciri peristiwa sejarah dengan benar

 V

 

 

2

Prinsip-prinsip Dasar

Ilmu Sejarah

3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah

 

Ruang dan waktu

X

Disajikan peristiwa pembacaan teks proklamasi, peserta didik di minta menentukan konsep ruang dan waktu dalam peristiwa tersebut

V

 

 

3

Prinsip-prinsip Dasar

Ilmu Sejarah

3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah

 

 

 

Unsur-unsur sejarah

 

X

Disajikan peristiwa sejarah. Peserta didik dapat menjelaskan konsep berpikir diakronik dengan Benar

V

 

 

4

Prinsip-prinsip Dasar

Ilmu Sejarah

3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah

 

Konsep berfikir Diakronik dan Sinkronik

X

PUSPENDIK

 

V

 

5

Prinsip-prinsip Dasar

Ilmu Sejarah

3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah

 

konsep berpikir

kronologi/diakronik/

sinkronik

 

X

Disajikan  tabel Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kemerdekaan RI. Peserta didik di dapat menunjukkan cara berpikir sejarah kronologis dari tabel tersebut dengan benar

 

V

 

6

Prinsip-prinsip Dasar

Ilmu Sejarah

3.2 Memahami konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah

 

konsep perubahan/

keberlanjutan dalam

sejarah

X

Diberikan deskripsi pola hunian masyarakat praaksara, peserta didik dapat menganalisis konsep perubahan dan keberlanjutan  dari kehidupan masyarakat praaksara dengan benar

 

 

V

7

Masa praaksara,

Hindu-Buddha dan Islam

3.3 Menganalisis kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto, dan Deutero Melayu

Kehidupan masyarakat prasejarah

X

PUSPENDIK

V

 

 

8

Masa praaksara,

Hindu-Buddha dan

Islam

3.5 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia

 

proses masuknya

agama dan

kebudayaan

Hindu/Buddha/

Islam ke Indonesia

X

Peserta didik dapat menjelaskan teori-teori tentang masuknya kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia berdasarkan pendapat N.J.Krom

V

 

 

9

Masa praaksara,

Hindu-Buddha dan

Islam

3.7 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia

proses masuknya

agama dan

kebudayaan

Hindu/Buddha/

Islam ke Indonesia

X

Peserta didik dapat mengidentifikasi bukti kedatangan islam di Indonesia berdasarkan Teori Gujarat

V

 

 

10

Masa praaksara,

Hindu-Buddha dan

Islam

3.6 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan budaya  pada masa kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

hasil-hasil dan nilai-nilai budaya

masyarakat praksara

Indonesia dan

pengaruhnya dalam

kehidupan

lingkungan terdekat

X

Disajikan deskripsi singkat  tentang mitos Pada masa Kerajan Hindu-Buddha dimana seorang raja yang berkuasa dianggap sebagai titisan dewa.  Berdasarkan deskripsi tersebut peserta didik dapat menentukan tujuan dari mitos kedudukan raja dengan benar

 

V

 

11

Masa praaksara,

Hindu-Buddha dan

Islam

3.6 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan budaya  pada masa kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

Perkembangan kerajaan Majapahit

X

PUSPENDIK

 

V

 

12

Masa praaksara,

Hindu-Buddha dan

Islam

3.8 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta  menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

 

Perkembangan

kehidupan

masyarakat,

pemerintahan dan

budaya pada masa

kerajaan

Hindu/Buddha

/Islam di Indonesia

X

Disajikan isi dari perjanjian antara kerajaan islam di nusantara dengan VOC,peserta didik  dapat menentukan  isi dari perjanjian Bongaya dengan benar

 

V

 

13

Masa praaksara,

Hindu-Buddha dan

Islam

3.8 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta  menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

bukti-bukti

peninggalan

kerajaan

Hindu/Budha/Islam

yang masih berlaku

pada kehidupan

masyarakat

Indonesia masa kini

X

Disajikan deskripsi tentang penerapan Sistem kasta masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan Hindu di indonesia. Peserta didik dapat menganalisis penerapan sistem kasta yang masih berlangsung di Bali dengan benar

 

 

V

14

Masa praaksara,

Hindu-Buddha dan

Islam

3.8 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta  menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupanmasyarakat Indonesia masa kini

 

bukti-bukti

peninggalan

kerajaan

Hindu/Budha/Islam

yang masih berlaku

pada kehidupan

masyarakat

Indonesia masa kini

X

Disajikan deskripsi tentang  kerajaan Gowa-Tallo Sebagai kerajaan besar di Sulawesi, peserta didik dapat menganalisis peniggalan kerajaan Goa –Tallo yang masih dapat kita rasakan sampai saat ini

 

 

V

15

Pengaruh Barat terhadap

pergerakan nasional

Indonesia hingga

terbentuknya negara

kebangsaan Indonesia

3.1 Menganalisis proses masuk dan

perkembangan penjajahan bangsa Eropa

(Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke

Indonesia

proses masuknya

penjajahan bangsa Eropa ke

Indonesia

XI

Disajikan deskripsi singkat kedatangan bangsa barat ke indonesia. Peserta didik dapat menentukan tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia dengan benar

V

 

 

16

Pengaruh Barat terhadap

pergerakan nasional

Indonesia hingga

terbentuknya negara

kebangsaan Indonesia

3.1 Menganalisis proses masuk dan

perkembangan penjajahan bangsa Eropa

(Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke

Indonesia

proses masuknya

penjajahan bangsa Eropa ke

Indonesia

XI

Diberikan informasi tentang tokoh-tokoh penjelajahan samudra pada abad pertengahan ,Peserta didik dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh yang melakukan perjalanan ke Indonesia

V

 

 

17

Pengaruh Barat terhadap

pergerakan nasional

Indonesia hingga

terbentuknya negara

kebangsaan Indonesia

3.5 Menganalisis sifat pendudukan Jepang

dan respon bangsa Indonesia

pendudukan Jepang

dan respon bangsa Indonesia

XI

Disajikan deskripsi singkat masa penjajahan jepang di indonesia. Peserta didik dapat menunjukkan kondisi sosial masa pendudukan jepang

 

V

 

18

Pengaruh Barat terhadap

pergerakan nasional

Indonesia hingga

terbentuknya negara

kebangsaan Indonesia

3.2 Menganalisis strategi perlawanan bangsa

Indonesia terhadap penjajahan bangsa

Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda,

Inggris) sampai dengan abad ke-20

Perlawanan Bangsa Indonesia terhadap bangsa barat

XI

PUSPENDIK

 

 

V

 

19

Pengaruh Barat terhadap

pergerakan nasional

Indonesia hingga

terbentuknya negara

kebangsaan Indonesia

3.2 Menganalisis strategi perlawanan bangsa

Indonesia terhadap penjajahan bangsa

Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda,

Inggris) sampai dengan abad ke-20

strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Eropa

XI

Peserta didik dapat menunjukkan alasan Perang Paderi yang pada mulanya merupakan perang saudara berubah menjadi perang melawan Belanda

 

V

 

20

Pengaruh Barat terhadap

pergerakan nasional

Indonesia hingga

terbentuknya negara

kebangsaan Indonesia

3.4 Menghargai nilai-nilai sumpah pemuda

dan maknanya bagi kehidupan

kebangsaan di Indonesia pada masa kini

nilai-nilai Sumpah Pemuda dan maknanya bagi kehidupan bangsa di Indonesia pada masa kini

XI

Disajikan informasi peristiwa konggres Pemuda  2. Peserta didik dapat menunjukkan Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia dengan benar

 

V

 

21

Pengaruh Barat terhadap

pergerakan nasional

Indonesia hingga

terbentuknya negara

kebangsaan Indonesia

3.3 Menganalisis dampak politik, budaya,

sosial, ekonomi, dan pendidikan pada

masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis,

Spanyol, Belanda, Inggris) dalam

kehidupan bangsa Indonesia masa kini

Kebijakan penjajahan bangsa barat

XI

PUSPENDIK

 

 

V

22

Pengaruh Barat terhadap

pergerakan nasional

Indonesia hingga

terbentuknya negara

kebangsaan Indonesia

3.3 Menganalisis dampak politik, budaya,

sosial, ekonomi, dan pendidikan pada

masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis,

Spanyol, Belanda, Inggris) dalam

kehidupan bangsa Indonesia masa kini

dampak penjajahan bagi

masyarakat Indonesia di

berbagai bidang

(politik, budaya, sosial,

ekonomi dan pendidikan)

dalam kehidupan bangsa

Indonesia masa kini

XI

Di sajikan deskripsi masa pemerintahan Thomas Rafles di Indonesia. Peserta didik dapat manganalisis pengaruh kebijakan Rafles dalam bidang pendidikan

 

 

V

23

Perjuangan bangsa

Indonesia sejak masa Proklamasi

Kemerdekaan sampai

Tahun 1965

3.7 Menganalisis peristiwa proklamasi

kemerdekaan dan maknanya bagi

kehidupan sosial, budaya, ekonomi,

politik, dan pendidikan bangsa Indonesia

Makna proklamasi

XI

PUSPENDIK

V

 

 

24

Perjuangan bangsa

Indonesia sejak masa Proklamasi

Kemerdekaan sampai

Tahun 1965

3.3 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal

Demokrasi Liberal

XI

PUSPENDIK

V

 

 

25

Perjuangan bangsa

Indonesia sejak masa Proklamasi

Kemerdekaan sampai

Tahun 1965

3.3 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal

Perkembangan

kehidupan politik dan

ekonomi bangsa

Indonesia pada masa

awal kemerdekaan

sampai pada masa

Demokrasi Liberal

XII

Peserta didik mampu menentukan upaya bangsa Indonesia dalam melakukan perbaikan ekonomi diawal kemerdekaan

Disajikan data mengenai faktor ketepurukan perekonomian Indonesia diawal kemerdekaan. Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor penyebab keterpurukan yang tepat dari data tersebut

V

 

 

26

Perjuangan bangsa

Indonesia sejak masa Proklamasi

Kemerdekaan sampai

Tahun 1965

3.2 Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965

Perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan

XII

PUSPENDIK

 

V

 

27

Perjuangan bangsa

Indonesia sejak masa Proklamasi

Kemerdekaan sampai

Tahun 1965

3.8 Menganalisis peristiwa pembentukan

pemerintahan pertama Republik

Indonesia pada awal kemerdekaan dan

maknanya bagi kehidupan kebangsaan

Indonesia masa kini

pembentukan

pemerintahan

pertama Republik

Indonesia

XI

Disajikan  data mengenai hasil-hasil rapat PPKI, peserta didik mampu mengklasifikasi hasil rapat PPKI  ke-II

 

V

 

28

Perjuangan bangsa

Indonesia sejak masa Proklamasi

Kemerdekaan sampai

Tahun 1965

3.9 Menganalisis peran dan nilai-nilai

perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta

sebagai proklamator serta tokoh-tokoh

lainnya sekitar proklamasi

Peran dan nilai-nilai

Perjuangan Bung

Karno dan Bung

Hatta sebagai

Proklamator serta

tokoh-tokoh lainnya

sekitar Proklamasi

XI

Disajikan deskripsi konflik antara kaum muda dengan sukarno tentang waktu pelaksanaan Proklamasi. Peserta didik mampu menginterpretasikan alasan Ir. Soekarno menolak proses proklamasi dilaksanakan secepatnya

 

V

 

29

Perjuangan bangsa

Indonesia sejak masa Proklamasi

Kemerdekaan sampai

Tahun 1965

3.4 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin

Perkembangan

kehidupan politik dan

ekonomi Bangsa

Indonesia pada masa

Demokrasi Terpimpin

XII

Disajikan informasi pembubaran partai Masyumi dan PSI. peserta didik dapat menunjukkan latar belakang pembubaran partai Masyumi dan PSI dengan benar

 

V

 

30

Perjuangan bangsa

Indonesia sejak masa Proklamasi

Kemerdekaan sampai

Tahun 1965

3.10 Menganalisis strategi dan bentuk

perjuangan bangsa Indonesia dalam

upaya mempertahankan kemerdekaan

dari ancaman Sekutu dan Belanda

strategi dan bentuk

perjuangan bangsa

Indonesia dalam

upaya

mempertahankan

kemerdekaan dari

ancaman sekutu dan

Belanda

XI

Disajikan hasil perjanjian lingggarjati. Peserta didik mampu menganalisis dampak positif perjanjian Lingarjati bagi perjuangan bangsa Indonesia

 

 

V

31

Perjuangan bangsa

Indonesia sejak masa Proklamasi

Kemerdekaan sampai

Tahun 1965

3.1 Menganalisis upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI

Pergolakan dalam negeri

XII

PUSPENDIK

 

 

V

32

Perjuangan bangsa

Indonesia sejak masa Proklamasi

Kemerdekaan sampai

Tahun 1965

3.1 Menganalisis upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI

Pergolakan dalam

negeri

(pemberontakan PKI

Madiun 1948, DI/TII,

APRA, Andi Aziz,

RMS, PRRI,

Permesta, G-30-

S/PKI)

XII

Disajikan informasi tentang pemberontakan Di/TII di pulau Jawa,Kalimantan,Sulawesi dan Aceh. Peserta didik dapat menyimpulkan persamaan tujuan dari pemberontakn tersebut dengan benar

 

 

V

33

Perkembangan

masyarakat

Indonesia sejak

Orde Baru sampai

Reformasi

3.9 Mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)

kehidupan Bangsa

Indonesia dalam

mengembangkan

ilmu pengetahuan

dan teknologi pada

era kemerdekaan

(sejak proklamasi

sampai dengan

Reformasi)

XII

Disajikan deskripsi tentang Gerakan Revolusi Hijau. Peserta didik mampu menentukan dampak negatif dari revolusi hijau

V

 

 

34

Perkembangan

masyarakat

Indonesia sejak

Orde Baru sampai

Reformasi

3.9 Mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)

kehidupan Bangsa

Indonesia dalam

mengembangkan

ilmu pengetahuan

dan teknologi pada

era kemerdekaan

(sejak proklamasi

sampai dengan

Reformasi)

XII

Disajikan data tentang perkembangan teknologi yang terjadi di Indonesia  Peserta didik mampu menentukan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan benar

V

 

 

35

Perkembangan

masyarakat

Indonesia sejak

Orde Baru sampai

Reformasi

3.5 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru

kehidupan, politik dan ekonomi

bangsa Indonesia

pada masa Orde

Baru sampai masa

Reformasi

XII

Disajikan kebijakan-kebijakan  pada masa pemerintahan orde baru peserta didik dapat menentukan kebijakan ekonomi Orde Baru yang menyimpang dari UUD 1945

 

V

 

36

Perkembangan

masyarakat

Indonesia sejak

Orde Baru sampai

Reformasi

3.5 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru

kehidupan, politik dan ekonomi

bangsa Indonesia

pada masa Orde

Baru sampai masa

Reformasi

XII

peserta didik dapat menunjukkan yang bukan menjadi sebab tuntutan masyarakat terhadap perubahan kebijakan politik, ekonomi, dan hukum pada masa orde baru

 

V

 

37

Perkembangan

masyarakat

Indonesia sejak

Orde Baru sampai

Reformasi

3.6 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi

kehidupan, politik dan ekonomi

bangsa Indonesia

pada masa Orde

Baru sampai masa

Reformasi

XII

disajikan deskripsi singkat masa pemerintahan Abdurahman Wahid, peserta didik dapat menganalisis kebijakan Abdurahman Wahid yang mengakomadasi kepentingan kaum minoritas

 

V

 

38

Perkembangan

masyarakat

Indonesia sejak

Orde Baru sampai

Reformasi

3.7 Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

Peran Indonesia dalam perdamaian dunia

XII

PUSPENDIK

 

 

V

39

Perkembangan

masyarakat

Indonesia sejak

Orde Baru sampai

Reformasi

3.7 Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

peran pelajar,

mahasiswa, dan

pemuda dalam

perubahan politik

dan ketatanegaraan

Indonesia

XII

Disajikan data tentang peristiwa reformasi 1998 peserta didik dapat menganalisis  peran mahasiswa dalam tumbangnya pemerintahan orde baru

 

 

V

40

Perkembangan

masyarakat

Indonesia sejak

Orde Baru sampai

Reformasi

3.8 Mengevaluasi peran bangsa indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting

peran bangsa

Indonesia dalam

perdamaian dunia

(KAA, Misi

Garuda, Deklarasi

Djuanda, Gerakan

Non Blok,

ASEAN, OKI, dan

Jakarta Informal

Meeting)

XII

Disajikan deskripsi singkat tentang hasil KAA. Peserta didik dapat menganalisis dasalisa bandung dan pengaruhnya bagi Negara-negara asia Afrika

 

 

 

V

41

Prinsip-prinsip Dasar

Ilmu Sejarah

3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah

 

konsep berpikir

kronologi/diakronik/

sinkronik

 

X

Disajikan peristiwa rengasdengklok, peserta didik dapat menerapkan cara berpikir kronologis untuk menjelaskan peristiwa rengasdengklok dengan benar

 

V

 

42

Masa praaksara,

Hindu-Buddha dan

Islam

3.8 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta  menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

Perkembangan

kehidupan

masyarakat,

pemerintahan dan

budaya pada masa

kerajaan

Hindu/Buddha

/Islam di Indonesia

X

Disajikan informasi masa kejayaan kerajaan kerajaan Tarumanegara. Peserta didk dapat menginterpretasikan peranan Raja Purnawarman dalam mensejahterakan masyarakat Tarumanegara

 

V

 

43

Pengaruh Barat terhadap

pergerakan nasional

Indonesia hingga

terbentuknya negara

kebangsaan Indonesia

3.4 Menghargai nilai-nilai sumpah pemuda

dan maknanya bagi kehidupan

kebangsaan di Indonesia pada masa kini

nilai-nilai Sumpah Pemuda dan maknanya bagi kehidupan bangsa di Indonesia pada masa kini

XI

Disajikan informasi tentang lahirnya sumpah pemuda. Peserta didik dapat menginterpretasikan nilai-nilai sumpah pemuda

 

V

 

44

Perjuangan bangsa

Indonesia sejak masa

Proklamasi

Kemerdekaan sampai

Tahun 1965

3.2 Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965

Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia

XII

PUSPENDIK

 

V

 

45

Perkembangan

masyarakat

Indonesia sejak

Orde Baru sampai

Reformasi

3.7 Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

peran pelajar,

mahasiswa, dan

pemuda dalam

perubahan politik

dan

ketatanegaraan

Indonesia

XII

Disajikan informasi peristiwa reformasi 1998. Peserta didik dapat menganalisis tujuan mahasiswa dalam melakukan aksi demonstrasi dan pendudukan gedung DPR MPR

 

 

V

 

 

Jambi,                      Maret 2020

 

 

 

DEDI ROHMANU, S.Pd

NIP.

No comments:

Post a Comment