ANALISIS KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
MATA PELAJARAN : SEJARAH PEMINATAN.
KURIKULUM : 2013
NO |
RUANG LINGKUP |
KD |
Materi |
KELAS |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF *) |
|||
P1 |
P2 |
P3 |
|||||||
1 |
Sejarah sebagai ilmu, kisah, peristiwa, dan seni |
Mengidentifikasi sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni |
Sejarah sebagai ilmu |
x |
Disajikan beberapa
ciri-ciri konsep sejarah sebagai ilmu, peserta didik mampu mengidentifikasi konsep
sejarah sebagai ilmu dengan tepat |
ü |
|
|
|
2 |
Konsep dasar sejarah |
Mendeskripsikan
|
Konsep peristiwa
dalam sejarah |
X |
Disajikan
sebuah contoh peristiwa sejarah, peserta didik mampu mendeskripsikan konsep
peristiwa dalam sejarah dengan tepat |
ü |
|
|
|
3 |
PUSPENDIK |
|
Langkah penelitian sejarah |
X |
|
|
|
|
|
4 |
Berpikir sejarah (diakronik dan sinkronik) • Berpikir
sejarah diakronik • Berpikir
sejarah sinkronik |
mengklasifikasikan
cara berpikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah |
Berpikir sejarah diakronik |
X |
Disajikan ciri-ciri berpikir sejarah diakronik, siswa mampu menunjukkan ciri-ciri
berpikir sejarah diakronik dengan tepat |
|
ü ü
ü
ü
|
|
|
5 |
PUSPENDIK |
|
Konsep berpikir sejarah |
X |
|
|
|
|
|
6 |
Historiografi |
Menyajikan hasil kajian ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial,
dan modern dalam bentuk tulisan |
Jenis-jenis historiografi |
X |
Disajikan contoh penulisan historiografi,
peserta didik mampu mengklasifikasikan jenis historiografi tersebut dengan
benar |
|
ü |
ü |
|
7 |
PUSPENDIK |
|
Ciri kehidupan manusia pra-aksara |
X |
|
|
|
|
|
8 |
Kehidupan awal Manusia Indonesia |
Menganalisis kehidupan
awal manusia Indonesia |
Peninggalan zaman paleolitikum |
X |
Disajikan beberapa hasil
peninggalan zaman pra aksara, peserta didik mampu mengidentifikasi
peninggalan yang berasal dari zaman paleolitikum dengan tepat |
ü |
|
|
|
9 |
Peradaban awal dunia serta keterkaitannya dengan manusia
masa kini pada aspek lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial |
Menganalisis peradaban awal dunia serta keterkaitannya
dengan peradaban masa kini pada aspek lingkungan, hukum, kepercayaan,
pemerintahan, dan sosial |
Peradaban awal
dunia dan hubungannya dengan manusia masa kini |
X |
Menganalisis dan menarik
kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai peradaban awal dunia serta
keterkaitannya dengan manusia masa kini pada aspek lingkungan, hukum,
kepercayaan, pemerintahan, dan sosial |
|
ü |
|
|
10 |
Kerajaan
Sriwijaya |
Mengaplikasikan tentang kerajaan-
kerajaan maritim Indonesia
pada masa Hindu dan Buddha
dan Kesultanan Islam
(sosial, ekonomi, politik dan
budaya) |
Kehidupan politik dan ekonomi kerajaan Sriwijaya |
XI |
Disajikan
materi tentang kerajaan Sriwijaya Peserta
didik mampu mengklasifikasikan sebab kemunduruan kerajaan sriwijaya dengan
benar |
|
ü |
|
|
11 |
Kerajaan majapahit |
Mengaplikasikan tentang kerajaan-
kerajaan maritim Indonesia
pada masa Hindu dan Buddha
dan Kesultanan Islam
(sosial, ekonomi, politik dan
budaya) |
Majapahit |
XI |
Peserta
didik mampu mengklasifikasikan sebab kemajuan kerajaan majapahit dengan benar |
|
ü |
|
|
12 |
Kerajaan Banten |
Menganalisis
tentang pengaruh Kerajaan- kerajaan Maritim Hindu dan Buddha dan Islam dalam
kehidupan masyarakat Indonesia masa kini |
Pengaruh akulturasi |
XI |
Peserta didik mampu
menganalisis dampak kehidupan budaya Islam dan budaya jawa dengan tepat |
|
ü |
|
|
13 |
PUSPENDIK |
|
Kerajaan maritim Hindu-Budha |
|
|
|
|
ü |
|
14 |
Peradaban Islam di Indonesia |
Menganalisis peradaban awal Indonesia, Dunia, dan
kerajaan maritim Hindu-Buddha dan Islam |
Peninggalan islam di Jambi |
XI |
Peserta didik mampu menyebutkan
peninggalan Islam di jambi |
|
|
ü |
|
15 |
renaissance |
Memahami
tentang peristiwa-peristiwa penting di Eropa (Renaissance, Merkantilisme,
Reformasi Gereja, Aufklarung, Revolusi Industri) |
Tokoh-tokoh masa renaissance |
XI |
Peserta didik mampu menyebutkan
tokoh-tokoh renaissance dengan benar |
ü |
|
|
|
16 |
merkantilisme |
Memahami
tentang peristiwa-peristiwa penting di Eropa (Renaissance, Merkantilisme,
Reformasi Gereja, Aufklarung, Revolusi Industri) |
Latar belakang |
XI |
Peserta didik mampu
mendeskripsikan latar belakang merkantilisme
dengan benar |
ü |
|
|
|
17 |
Reformasi gereja |
Memahami
tentang peristiwa-peristiwa penting di Eropa (Renaissance, Merkantilisme,
Reformasi Gereja, Aufklarung, Revolusi Industri) |
agama Kristen katolik dan protestan |
XI |
Peserta didik mampu mennyebutkan
agama baru masa reformasi gereja dengan benar |
ü |
|
|
|
18 |
PUSPENDIK |
|
Pengaruh perang dunia II |
|
|
|
ü |
|
|
19 |
Perang Dunia II |
Menganalisis pengaruh Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap
kehidupan politik global (LBB dan PBB) |
Sebab khusus perang dunia II |
XI |
Peserta didik mampu mengidentifikasi
terjadinya PD II dengan tepat |
|
ü |
|
|
20 |
LBB |
Menganalisis pengaruh
Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap kehidupan politik global (LBB dan
PBB) |
Latar belakang
terbentuknya LBB |
XI |
Disajikan beberapa keterangan,
peserta didik mampu menunjukkan latar
belakang terbentuknya LBB dengan benar |
|
ü |
|
|
21 |
Perkembangan paham-paham baru |
Menganalisis hubungan perkembangan paham-paham besar seperti
demokrasi, liberalisme, sosialisme, nasionalisme, Pan Islamisme dengan
gerakan nasionalisme di Asia-Afrika |
Demokrasi |
XI |
Disajikan tabel mengenai
paham-paham baru, peserta didik mampu membedakan paham demokrasi dengan paham-paham lainnya dengan benar |
|
|
ü |
|
22 |
PUSPENDIK |
|
Revolusi besar dunia |
|
|
|
|
ü |
|
23 |
PUSPENDIK |
|
Pergerakan nasional indonesia |
|
|
ü |
|
|
|
24 |
Pergerakan nasional Indonesia |
mendeskripsikan tentang pergerakan nasional
Indonesia |
Faktor intern
lahirnya pergerakan Indonesia |
XI |
Disajikan informasi mengenai
faktor-faktor lahirnya pergerakan nasional Indonesia, peserta didik dapat menentukan
faktor intern lahirnya
pergerakan nasional Indonesia dengan tepat |
ü |
|
|
|
25 |
Pergerakan nasional Indonesia |
mendeskripsikan tentang pergerakan nasional
Indonesia |
Faktor ekstern lahirnya pergerakan Indonesia |
XI |
Disajikan informasi mengenai faktor-faktor
lahirnya pergerakan nasional Indonesia, peserta didik dapat menentukan faktor
ekstern lahirnya pergerakan nasional Indonesia dengan tepat |
ü |
|
|
|
26 |
Proklamasi kemerdekaan
Indonesia |
mendeskripsikan tentang proklamasi kemerdekaan
Indonesia |
Peristiwa Rengasdengklok |
XI |
Disajikan materi tentang
peristiwa Rengasdengklok, peserta didik mampu menjelaskan perbedaan pendapat
antara golongan tua dan golongan muda mengenai proklamasi dengan benar |
ü |
|
|
|
27 |
PUSPENDIK |
|
Masa pendudukan jepang di Indonesia |
|
|
|
|
|
|
28 |
Pergerakan Nasional
Indonesia |
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang
persamaan dan
perbedaan tujuan organisasi pergerakan nasional |
Organisasi PI, PKI, PNI |
XI |
Disajikan informasi mengenai
strategi organisasi pergerakan, peserta didik mampu mengklasifikasikan tujuan organisasi pergerakan nasional dengan benar |
ü |
|
|
|
29 |
Pergerakan Nasional
Indonesia |
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang
persamaan dan
perbedaan strategi
organisasi pergerakan
nasional |
Organisasi PI, PKI, PNI |
XI |
Disajikan informasi mengenai
strategi organisasi pergerakan, peserta didik mampu mengklasifikasikan
organisasi pergerakan yang memiliki strategi non kooperatif dengan benar |
ü |
|
|
|
30 |
Respon dunia internasional
terhadap kemerdekaan Indonesia |
Menganalisis tentang respon
internasional terhadap
Proklamasi kemerdekaan
Indonesia(Pengakuan kemerdekaan
RI
dari Mesir, India, Australia, PBB, KMB dan
sikap Belanda) |
Pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir |
XII |
Disajikan informasi mengenai
dukungan Mesir terhadap kemerdekaan RI, peserta didik mampu menganalaisis
alasan Mesir memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia dengan benar |
|
|
ü |
|
31 |
Respon dunia internasional
terhadap kemerdekaan Indonesia |
Menganalisis tentang respon
internasional terhadap
Proklamasi kemerdekaan
Indonesia(Pengakuan kemerdekaan
RI
dari Mesir, India, Australia, PBB, KMB dan
sikap Belanda) |
Pengakuan kemerdekaan RI dari lebanon |
XII |
Disajikan informasi mengenai
dukungan lebanon terhadap kemerdekaan RI, peserta didik mampu menganalisis
alasan Lebanon memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia dengan
benar |
|
|
ü |
|
32 |
PUSPENDIK |
|
Respon international terhadap kemerdekaan indonesia |
|
|
|
|
ü |
|
33 |
Perkembangan Organisasi Global |
Menganalisis tentang organisasi
regional dan global (GNB, ASEAN,
OKI,
NATO, SEATO, PAKTA
WARSAWA, OPEC, APEC,
MEE, GATT, WTO, CAFTA, NAFTA) |
Organisasi GNB
dan ASEAN |
XII |
Disajikan data nama-nama organisasi Global dan Regional,peserta didik dapat menentukan organisasi yang bersifat Regional dengan benar |
ü |
|
|
|
34 |
PUSPENDIK |
|
Organisasi global |
|
|
ü |
|
|
|
35 |
Perkembangan Organisasi Global |
Menganalisis tentang organisasi
regional dan global (GNB, ASEAN,
OKI,
NATO, SEATO, PAKTA
WARSAWA, OPEC, APEC,
MEE, GATT, WTO, CAFTA, NAFTA) |
Organisasi OPEC dan OKI |
XII |
Disajikan data nama-nama organisasi Global,peserta didik dapat menentukan organisasi yang bersifat global dengan
benar |
ü |
|
|
|
36 |
Peristiwa kontemporer dunia |
Mengaplikasikan tentang
peristiwa kontemporer
dunia (runtuhnya
Vietnam Selatan, Apartheid di Afrika Selatan, USSR, Jerman
Timur, Yugoslavia,
Cekoslowakia) |
Runtuhnya
USSR |
XII |
Disajikan deskripsi tentang kebijakan Gorbacev, peserta didik dapat
menganalisis dampak pembaharuan yang dilakukan oleh Gorbacev di Uni
Soviet bagi negara-negara Eropa Timur
dengan benar |
|
ü |
|
|
37 |
Peristiwa kontemporer dunia |
Mengaplikasikan
tentang peristiwa kontemporer dunia (runtuhnya
Vietnam Selatan, Apartheid di Afrika Selatan, USSR, Jerman
Timur, Yugoslavia,
Cekoslowakia) |
Apartheid di
Afrika |
XII |
Disajikan data sebab-sebab konfik Yugoslavia peserta didik dapat menunjukkan
sebab-sebab konflik Yugoslavia |
|
ü |
|
|
38 |
Peristiwa kontemporer dunia |
Mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang peristiwa
kontemporer dunia (runtuhnya Vietnam Selatan, Apartheid di Afrika Selatan,
USSR, Jerman Timur, Yugoslavia, Cekoslowakia) |
Konfik Yugoslavia |
XII |
Disajikan data sebab-sebab konfik Yugoslavia peserta didik dapat
menunjukkan sebab-sebab konflik Yugoslavia |
|
ü |
|
|
39 |
Konflik di Timur Tengah dan Asia Tenggara |
Mengaplikasikan tentang konflik-konflik di Timur-Tengah (Perang Teluk I, II, III),
|
Konflik Palestina-Israel |
XII |
Berdasarkan deskripsi yang
disajikan, peserta didik dapat menganalisis dampak konflik Palestina-Israel |
|
|
ü |
|
40 |
Konflik di Asia Tenggara |
Mengaplikasikan tentang konflik-konflik di Asia Tenggara |
Asia Tenggara |
XII |
Berdasarkan deskripsi yang
disajikan, peserta didik dapat menganalisis dampak konflik Indonesia-Malaysia
(Sipadan-Ligitan) |
|
|
ü |
|
41 |
Langkah-langkah
penelitian sejarah |
Mengkaji lebih
dalam tentang langkah-langkah penelitian sejarah |
Penelitian
sejarah |
X |
Disajikan keterangan mengenai ilmu sejarah, peserta didik mampu
menyebutkan empat langkah
penelitian sejarah dengan benar |
|
|
ü |
|
42 |
Kerajaan Sriwijaya |
Mengkaji
tentang pengaruh kerajaan-kerajaan maritim Hindu-Buddha dalam kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini |
Pengaruh kerajaan Sriwijaya bagi kehidupan masa kini |
XI |
Disajikan keterangan mengenai
Kerajaan Sriwijaya, peserta didik mampu menganalisis pengaruh kerajaan
Sriwijaya dalam kehidupan masyarakat masa kini dengan benar |
|
|
ü |
|
43 |
Paham Liberalisme |
Mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan paham-paham besar |
Pelaksanaan paham Liberalisme dalam bidang ekonomi |
XI |
Disajikan keterangan mengenai
Liberalisme sebagai salah satu paham yang mempengaruhi kehidupan bangsa
Indonesia, peserta didik mampu menunjukkan pelaksanaak liberalisme dalam
bidang ekonomi dengan benar |
|
|
ü |
|
44 |
PUSPENDIK |
Masa Pendudukan Jepang |
|
XI |
|
|
|
ü |
|
45 |
USSR |
Mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang peristiwa kontemporer Dunia |
Glasnost dan
Perestroika |
XII |
Disajikan keterangan mengenai
kebijakan Glasnot oleh Gorbachev, peserta didik mampu menganalisa pelaksanaan
kebijakan Glasnot di bidang politik dengan benar |
|
|
ü |
No comments:
Post a Comment