Silahkan bagi yang ingin memasang iklan hubungi emaile pemilik di rohmanudedi@yahoo.com

Kumpulan Makalah Sejarah

Monday 14 August 2023

KISI-KISI SOAL SEJARAH PEMINATAN SMA

 

ANALISIS KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MATA PELAJARAN                       :  SEJARAH PEMINATAN.

KURIKULUM                        :  2013

 

NO

RUANG LINGKUP

KD

Materi

KELAS

INDIKATOR  SOAL

LEVEL KOGNITIF *)

P1

P2

P3

1

Sejarah sebagai ilmu, kisah, peristiwa, dan seni

Mengidentifikasi sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni

Sejarah sebagai ilmu

 

x

Disajikan beberapa ciri-ciri konsep sejarah sebagai ilmu, peserta didik mampu mengidentifikasi konsep sejarah sebagai ilmu dengan tepat

 

ü   

 

 

2

Konsep dasar sejarah

Mendeskripsikan

Konsep dasar sejarah (ruang dan waktu, perubahan, dan keberlanjutan, peristiwa sejarah, kronik)

 

 

 

Konsep peristiwa dalam sejarah

X

Disajikan sebuah contoh peristiwa sejarah, peserta didik mampu mendeskripsikan konsep peristiwa dalam sejarah dengan tepat

 

ü   

 

 

3

PUSPENDIK

 

Langkah penelitian sejarah

X

 

 

 

 

4

Berpikir sejarah (diakronik dan sinkronik)

           Berpikir sejarah diakronik

           Berpikir sejarah sinkronik

mengklasifikasikan cara berpikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah

Berpikir sejarah diakronik

X

Disajikan ciri-ciri berpikir sejarah diakronik, siswa mampu menunjukkan ciri-ciri berpikir sejarah diakronik dengan tepat

 

ü   

ü   

ü   

ü   

 

5

PUSPENDIK

 

Konsep berpikir sejarah

X

 

 

 

 

6

Historiografi

Menyajikan hasil kajian ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern dalam bentuk tulisan

Jenis-jenis historiografi

X

Disajikan contoh penulisan historiografi, peserta didik mampu mengklasifikasikan jenis historiografi tersebut dengan benar

 

ü   

ü   

7

PUSPENDIK

 

Ciri kehidupan manusia pra-aksara

X

 

 

 

 

8

Kehidupan awal Manusia Indonesia

Menganalisis kehidupan awal manusia Indonesia

 

Peninggalan zaman paleolitikum

X

Disajikan beberapa hasil peninggalan zaman pra aksara, peserta didik mampu mengidentifikasi peninggalan yang berasal dari zaman paleolitikum dengan tepat

ü   

 

 

9

Peradaban awal dunia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini pada aspek lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial

Menganalisis peradaban awal dunia serta keterkaitannya dengan peradaban masa kini pada aspek lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial

Peradaban awal dunia dan hubungannya dengan manusia masa kini

X

Menganalisis dan menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai peradaban awal dunia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini pada aspek lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial

 

ü   

 

10

Kerajaan Sriwijaya

Mengaplikasikan tentang kerajaan- kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dan Kesultanan Islam (sosial, ekonomi, politik dan budaya)

 

Kehidupan politik dan ekonomi kerajaan Sriwijaya

XI

Disajikan materi tentang kerajaan Sriwijaya

Peserta didik mampu mengklasifikasikan sebab kemunduruan kerajaan sriwijaya dengan benar

 

ü   

 

11

Kerajaan majapahit

Mengaplikasikan tentang kerajaan- kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dan Kesultanan Islam (sosial, ekonomi, politik dan budaya)

Majapahit

XI

Peserta didik mampu mengklasifikasikan sebab kemajuan kerajaan majapahit dengan benar

 

ü   

 

12

Kerajaan Banten

Menganalisis tentang pengaruh Kerajaan- kerajaan Maritim Hindu dan Buddha dan Islam dalam kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

Pengaruh akulturasi

XI

Peserta didik mampu menganalisis dampak kehidupan budaya Islam dan budaya jawa dengan tepat

 

ü   

 

13

PUSPENDIK

 

Kerajaan maritim Hindu-Budha

 

 

 

 

ü   

14

Peradaban Islam di Indonesia

Menganalisis peradaban awal Indonesia, Dunia, dan kerajaan maritim Hindu-Buddha dan Islam

Peninggalan islam di Jambi

XI

Peserta didik mampu menyebutkan peninggalan Islam di jambi

 

 

ü   

15

renaissance

Memahami tentang peristiwa-peristiwa penting di Eropa (Renaissance, Merkantilisme, Reformasi Gereja, Aufklarung, Revolusi Industri)

Tokoh-tokoh masa renaissance

XI

Peserta didik mampu menyebutkan tokoh-tokoh renaissance dengan benar

ü   

 

 

16

merkantilisme

Memahami tentang peristiwa-peristiwa penting di Eropa (Renaissance, Merkantilisme, Reformasi Gereja, Aufklarung, Revolusi Industri)

Latar belakang

XI

Peserta didik mampu mendeskripsikan latar belakang merkantilisme dengan benar

ü   

 

 

17

Reformasi gereja

Memahami tentang peristiwa-peristiwa penting di Eropa (Renaissance, Merkantilisme, Reformasi Gereja, Aufklarung, Revolusi Industri)

agama Kristen katolik dan protestan

XI

Peserta didik mampu mennyebutkan agama baru masa reformasi gereja dengan benar

ü   

 

 

18

PUSPENDIK

 

Pengaruh perang dunia II

 

 

 

ü   

 

19

Perang Dunia II

Menganalisis pengaruh Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap kehidupan politik global (LBB dan PBB)

Sebab khusus  perang dunia II

XI

Peserta didik mampu mengidentifikasi terjadinya PD II dengan tepat

 

ü   

 

20

LBB

Menganalisis pengaruh Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap kehidupan politik global (LBB dan PBB)

Latar belakang terbentuknya LBB

XI

Disajikan beberapa keterangan, peserta didik mampu menunjukkan latar belakang terbentuknya LBB dengan benar

 

ü   

 

21

Perkembangan paham-paham baru

Menganalisis hubungan perkembangan paham-paham besar seperti demokrasi, liberalisme, sosialisme, nasionalisme, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika

Demokrasi

XI

Disajikan tabel mengenai paham-paham baru, peserta didik mampu membedakan paham demokrasi dengan paham-paham lainnya dengan benar

 

 

ü   

22

PUSPENDIK

 

Revolusi besar dunia

 

 

 

 

ü   

23

PUSPENDIK

 

Pergerakan nasional indonesia

 

 

ü   

 

 

24

Pergerakan nasional Indonesia

mendeskripsikan tentang pergerakan nasional Indonesia

 

Faktor intern lahirnya pergerakan Indonesia

XI

Disajikan informasi mengenai faktor-faktor lahirnya pergerakan nasional Indonesia, peserta didik dapat menentukan faktor intern lahirnya pergerakan nasional Indonesia dengan tepat

ü   

 

 

25

Pergerakan nasional Indonesia

mendeskripsikan tentang pergerakan nasional Indonesia

 

Faktor ekstern lahirnya pergerakan Indonesia

XI

Disajikan informasi mengenai faktor-faktor lahirnya pergerakan nasional Indonesia, peserta didik dapat menentukan faktor ekstern lahirnya pergerakan nasional Indonesia dengan tepat

 

ü   

 

 

26

Proklamasi kemerdekaan Indonesia

mendeskripsikan tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia

Peristiwa Rengasdengklok

XI

Disajikan materi tentang peristiwa Rengasdengklok, peserta didik mampu menjelaskan perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda mengenai proklamasi dengan benar

ü   

 

 

27

PUSPENDIK

 

Masa pendudukan jepang di Indonesia

 

 

 

 

 

28

Pergerakan Nasional Indonesia

mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang persamaan dan perbedaan tujuan organisasi pergerakan nasional

 

Organisasi PI, PKI, PNI

XI

Disajikan informasi mengenai strategi organisasi pergerakan, peserta didik mampu mengklasifikasikan tujuan organisasi pergerakan nasional dengan benar

ü   

 

 

29

Pergerakan Nasional Indonesia

mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang persamaan dan perbedaan strategi organisasi pergerakan nasional

Organisasi PI, PKI, PNI

XI

Disajikan informasi mengenai strategi organisasi pergerakan, peserta didik mampu mengklasifikasikan organisasi pergerakan yang memiliki strategi non kooperatif dengan benar

ü   

 

 

30

Respon dunia internasional terhadap kemerdekaan Indonesia

Menganalisis tentang respon internasional terhadap Proklamasi kemerdekaan Indonesia(Pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir, India, Australia, PBB, KMB dan sikap Belanda)

Pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir

XII

Disajikan informasi mengenai dukungan Mesir terhadap kemerdekaan RI, peserta didik mampu menganalaisis alasan Mesir memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia dengan benar

 

 

ü   

31

Respon dunia internasional terhadap kemerdekaan Indonesia

Menganalisis tentang respon internasional terhadap Proklamasi kemerdekaan Indonesia(Pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir, India, Australia, PBB, KMB dan sikap Belanda)

Pengakuan kemerdekaan RI dari lebanon

XII

Disajikan informasi mengenai dukungan lebanon terhadap kemerdekaan RI, peserta didik mampu menganalisis alasan Lebanon memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia dengan benar

 

 

ü   

32

PUSPENDIK

 

Respon international terhadap kemerdekaan indonesia

 

 

 

 

ü   

33

Perkembangan Organisasi Global

 

Menganalisis tentang organisasi regional dan global (GNB, ASEAN, OKI, NATO, SEATO, PAKTA WARSAWA, OPEC, APEC, MEE, GATT, WTO, CAFTA, NAFTA)

 

Organisasi GNB dan ASEAN

XII

Disajikan data nama-nama organisasi Global dan Regional,peserta didik dapat menentukan organisasi yang bersifat Regional dengan benar

ü   

 

 

34

PUSPENDIK

 

Organisasi global

 

 

ü   

 

 

35

Perkembangan Organisasi Global

 

Menganalisis tentang organisasi regional dan global (GNB, ASEAN, OKI, NATO, SEATO, PAKTA WARSAWA, OPEC, APEC, MEE, GATT, WTO, CAFTA, NAFTA)

Organisasi OPEC dan OKI

XII

Disajikan data nama-nama organisasi Global,peserta didik dapat menentukan organisasi yang bersifat global dengan benar

ü   

 

 

36

Peristiwa kontemporer dunia

Mengaplikasikan tentang peristiwa kontemporer dunia (runtuhnya Vietnam Selatan, Apartheid di Afrika Selatan, USSR, Jerman Timur, Yugoslavia, Cekoslowakia)

Runtuhnya USSR

XII

Disajikan deskripsi tentang kebijakan Gorbacev, peserta didik dapat menganalisis dampak pembaharuan yang dilakukan oleh Gorbacev di Uni Soviet  bagi negara-negara Eropa Timur dengan benar

 

ü   

 

37

Peristiwa kontemporer dunia

Mengaplikasikan tentang peristiwa kontemporer dunia (runtuhnya Vietnam Selatan, Apartheid di Afrika Selatan, USSR, Jerman Timur, Yugoslavia, Cekoslowakia)

 

Apartheid di Afrika

XII

Disajikan data sebab-sebab konfik Yugoslavia peserta didik dapat menunjukkan sebab-sebab konflik Yugoslavia

 

ü   

 

38

Peristiwa kontemporer dunia

Mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang peristiwa kontemporer dunia (runtuhnya Vietnam Selatan, Apartheid di Afrika Selatan, USSR, Jerman Timur, Yugoslavia, Cekoslowakia)

 

Konfik Yugoslavia

XII

Disajikan data sebab-sebab konfik Yugoslavia peserta didik dapat menunjukkan sebab-sebab konflik Yugoslavia

 

ü   

 

39

Konflik di Timur Tengah dan Asia Tenggara

Mengaplikasikan tentang konflik-konflik di Timur-Tengah (Perang Teluk I, II, III),

Konflik Palestina-Israel

XII

Berdasarkan deskripsi yang disajikan, peserta didik dapat menganalisis dampak konflik Palestina-Israel

 

 

ü   

40

Konflik di Asia Tenggara

Mengaplikasikan tentang konflik-konflik di Asia Tenggara

Asia Tenggara

XII

Berdasarkan deskripsi yang disajikan, peserta didik dapat menganalisis dampak konflik Indonesia-Malaysia (Sipadan-Ligitan)

 

 

ü   

41

Langkah-langkah penelitian sejarah

Mengkaji lebih dalam tentang langkah-langkah penelitian sejarah

Penelitian sejarah

X

Disajikan keterangan mengenai ilmu sejarah, peserta didik mampu menyebutkan empat langkah penelitian sejarah dengan benar

 

 

ü   

42

Kerajaan Sriwijaya

Mengkaji tentang pengaruh kerajaan-kerajaan maritim Hindu-Buddha dalam kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

Pengaruh kerajaan Sriwijaya bagi kehidupan masa kini

XI

Disajikan keterangan mengenai Kerajaan Sriwijaya, peserta didik mampu menganalisis pengaruh kerajaan Sriwijaya dalam kehidupan masyarakat masa kini dengan benar

 

 

ü   

43

Paham Liberalisme

Mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan paham-paham besar

Pelaksanaan paham Liberalisme dalam bidang ekonomi

XI

Disajikan keterangan mengenai Liberalisme sebagai salah satu paham yang mempengaruhi kehidupan bangsa Indonesia, peserta didik mampu menunjukkan pelaksanaak liberalisme dalam bidang ekonomi dengan benar

 

 

ü   

44

PUSPENDIK

Masa Pendudukan Jepang

 

XI

 

 

 

ü   

45

USSR

Mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang peristiwa kontemporer Dunia

Glasnost dan Perestroika

XII

Disajikan keterangan mengenai kebijakan Glasnot oleh Gorbachev, peserta didik mampu menganalisa pelaksanaan kebijakan Glasnot di bidang politik dengan benar

 

 

ü   

 

No comments:

Post a Comment